Kali ini saya mendapat tugas untuk menentukan 9 blok model bisnis dari produk Coca Cola :
1. CUSTOMER SEGMENT
Target pasar coca cola berfokus pada remaja dengan rentang usia 18-25
tahun,namun ternyata penikmat coca cola juga banyak berasal dari orang
yg berumur 13-60 tahun.Segmetasi geografis coca cola adalah keseluruh
dunia,saat ini coca cola sudah dipasarkan ke lebih dari 200 negara.Fokus
penjualan coca cola juga pada segmen pasar yang membeli konsentrat coca
cola seperti restaurant,bioskop,taman hiburan,dan lain-lain.
2. VALUE PROPOSITION
Coca cola menawarkan soft drink dengan varian yang menyesuaikan dengan
gaya hidup dan selera pelanggan penikmat soft drink,seperti coke
zero,coke diet,caffeine free coke,coke with lime,dan lain-lain.
3. CUSTOMER RELATIONSHIP
Coca cola mempunyai forum FAQ (frequently asked question), kontak lewat
email,dan telepon. Coca cola juga sering mengadakan event-event seperti
sepeda santai coca cola (dimana masyarakat diajak untuk lebih mencintai
pengunnaan sepeda yang sangat ramah lingkungan),mengadakan acara
Indonesia sehat bugar yang mengajak masyarakat lebih aktif
bergerak,acara bersih-bersih halte busway bersama coca-cola,dan
lain-lain.
4. CHANNEL
Coca cola yang sudah tersedia di 200 negara mempunyai 22 pabrik yang
tersebar di seluruh dunia. Coca cola menjual produknya dengan system
chanel distribusi local, coca cola menjual konsentrat,bahan utama,dan
sirup bahan coca cola ke mitra perusahaan/pabrik pembotolan minuman yang
tersebar di seluruh dunia. Lalu kemudian perusahaan pembotolan coca
cola juga berkersama dengan perusahaan vending machine dan juga
minimarket,hypermarket,restaurant,taman hiburan,bioskop,dan banyak juga
lainnya dalam mendistribusikan/menjual produk ke konsumen.
5. REVENUE STREAM
Revenue streams cocacola berasal dari penjualan konsentrat,bahan utama
minuman,dan sirup coca cola ke berbagai pabrik pembotolan minuman di
seluruh dunia yang bekerja sama dengan coca cola.
6. KEY RESOUCE
-Financial : total asset 73 triliun$ (38 pada net operating revenue, 8,5 tunai dan 2,6 di investasi jangka pendek
-Physical : 22 pabrik yang tersebardi seluruh dunia
-menjadi merek nomer 1 yang palingdikenaldi dunia (94% penduduk bumi kenal coca-cola)
-menjadi nomer 2 dalam kata yang paling dikenal di dunia (kata pertama yang paling dikenal adalah “OK”)
-Human: mempunyai 139.600 karyawan dalam berbagai posisi.
7. KEY ACTIVITIES
Membangun dan menjaga nama baik coca-cola sebagai brand nomor satu
melalui iklan dan promosi,kegiatan memproduksi dan packaging coca cola
juga merupakan key activities di mana coca cola harus memenuhi
permintaan sebanyak 1,7 milliar perhari.
8. KEY PARTNERSHIP
Bottlers (pabrik pembotolan) yang memproduksi dan mendistribusi coca cola
Sponsors: coca cola mempunyai partner sponsor di seluruh dunia dengan
tim-tim olahraga (FIFA world cup),olimpiade,music event,dan festival.
WWF (World wide life federation) dalam penyelamatan beruang kutub dari kepunahan.
9. COST STUCTURE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar